Fasilitas Stasiun Brebes Tahun 2017 - Dibacaonline

Fasilitas Stasiun Brebes Tahun 2017

Daftar Driver Go-Car

Sudah lama sekali sejak terakhir naik kereta api untuk mudik, kalau diingat terakhir mudik dengan menggunakan kereta api itu saat saya masih SD sekitar tahun 90an.

Karena saya orang Brebes dan orangtua saat itu merantau tujuan Jakarta kami pun menggunakan kereta api untuk alat transportasi melalui Statsiun Brebes. Stasiun Brebes saat itu masih melompong, masih banyak kosongnya belum banyak fasilitas yang membuat nyaman para penggunanya. Atau mungkin pada saat itu manajemen kereta api masih kurang memperhatikan kepuasan konsumen untuk stasiun - stasiun kecil menengah.


Jika dahalu, apabila kita hendak naik kereta api khususnya dari Stasiun Brebes, untuk naik ke dalam gerbong keretanya hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa itupun hanya laki laki, sedangkan perempuan dan anak - anak pasti akan merasa kesulitan dan berjuang lebih keras untuk dapat masuk ke gerbong kereta.


Bagaimana tidak, jarak antara tanah dan pijakan kaki gerbong kira kira seperut laki laki orang dewasa dan tidak ada alat bantu untuk naik ke gerbong karena pada saat itu peron menyatu sejajar dengan rel kereta api dan belum dilengkapi atap untuk terhindar dari panas matahari. Bisa dibilang hampir semua Stasiun kecil  kota menengah ( bukan kota besar ) keadaannya seperti ini


Kembali ke topik mengenai Stasiun Brebes pada saat ini ( Tahun 2017 ).

Saat ini tahun 2017 Stasiun Brebes terlihat lebih enak dipandang mata dan cukup lengkap fasilitasnya untuk ukuran Stasiun Kecil Menengah.


Mulai Dari Peron
Keadaan peron saat ini sudah dilengkapi atap dan peronya sudah sejajar dengan pintu gerbong kereta api sehingga tidak sulit lagi saat keluar atau masuk gerbong kereta.







Toilet
Tempat yang satu ini sangat krusial bagi siapapun saat dipakai untuk buang air kecil dan besar atau hanya sekedar merapikan penampilan. Keadaan toiletnya bersih, dilengkapi dengan 2 toilet duduk dan 1 wastafel untuk laki laki dan perempuan masing - masing terpisah dan itu yang ada di dalam peron. Ada satu lagi yang menyatu dengan tempat wudhu tapi tidak begitu bersih dibandingan dengan yang ada di dalam peron. (Maaf tidak ada gambar lupa photo abis buru buru)






CTM & Loket Tiket
Singkatan dari Cetak Tike Mandiri sudah tersedia di Stasiun Brebes dan sangat berguna sekali bagi yang melakukan pembelian secara online jauh jauh hari dan Anda hanya perlu mencetaknya sendiri. Tidak lupa pula keberadaan dua loket tiket yang telah disediakan untuk pembelian tiket kereta api.








SMOKING AREA
Bagi yang merokok juga disediakan tempat untuk merokok berdekatan dengan Gudang.





Musholla
Bagi yang muslim disediakan musholla untuk tempat beribadah selagi menunggu kereta api yang akan datang. Sedangkan tempat wudhunya tepat berada disamping mushollanya berdampingan.





Ruang Tunggu & Customer Service
Ruang tunggu di Stasiun Brebes terlihat bersih karena selalu dibersihkan oleh cleaning service dan terdapat kurang lebih 20 tempat duduk untuk menunggu. Walaupun tidak ada AC di dalam ruang tunggu tetapi disediakan kipas angin kecil. Serta bagi yang kehabisan baterai handphone disediakan pula tempat untuk mengisi atau mencharger baterai handphone Anda.