7 Langkah Mudah Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Apakah Anda belum memiliki bpjs kesehatan…? Kalau belum, daftar saja secara online untuk membuat bpjs kesehatan. Dengan mendaftar secara online memudahkan Anda untuk mengisi formulir pendaftaran dan efisiensi waktu dan tenaga Anda.
Langkah 1
1.Buka website resmi bpjs kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id
2. Jika sudah terbuka klik Pendaftaran Online atau bisa juga klik menu layanan lalu pilih pendaftaran peserta. ( Pilih salah satu dari keduanya karena sama saja ) lihat gambar diatas untuk lebih jelas.
Langkah 2
3. Setelah Anda klik pendaftaran online atau pendaftaran peserta, Anda akan dipindahkan ke halaman berikutnya.
4. Pada halaman berikutnya akan ada syarat dan pernyataan yang harus Anda baca dan Anda setujui. Salah satu diantaranya adalah:
Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 (empat belas) hari kalender dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan
5. Jika Anda setuju dengan semua syarat yang berlaku silahkan centang pada kotak kosong seperti gambar diatas. Kemudian klik pendaftaran
Langkah 3
6. Setelah diklik pendaftaran Maka akan tampil seperti gambar di atas.
7. Kemudian masukkan nomor kartu keluarga. Sebelum memasukkan nomor kartu keluarga centang terlebih dahulu kotak kosong seperti gambar di atas.
8. Masukkan captach lalu klik Inquery Kartu Keluarga
Langkah 4
9. Jika berhasil akan muncul data kartu keluarga Anda akan tampil
10. Klik Proses Selanjutnya
Langkah 5
11. Pada proses selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir secara jelas dan detail sesuai informasi yang Anda miliki seperti. KTP, tempat tinggal, nomor handphone, npwp, email dan lainnya.
12. Jangan lupa untuk memasukkan foto Anda atau keluarga yang akan di daftarkan yang terdapat di kartu keluarga Anda dengan mengklik upload foto.
13. Isi semua yang diminta di formulir tersebut dengan jelas.
14. Jika sudah klik proses selanjutnya.

Langkah 6
15. Pada saat pengisian formulir data diri Anda. Jangan lupa untuk memasukan alamat email Anda lalu klik kirim email. Karena nantinya Anda akan dikirim pemberitahuan aktivasi melalui alamat email Anda.
16. Untuk itu setelah Anda klik kirim email, Anda langsung buka email Anda yang tadi sudah didaftarkan apakah sudah masuk notifikasi atau pemberitahuan link aktivasi tersebut. Jika sudah klik link aktifasi tersebut.
Langkah 7
17. Setelah link aktivasi diklik maka akan tampil seperti gambar di atas
18. Jangan lupa untuk mencatat nomor virtual account Anda
19. lihat petunjuk nomor 25 pada gambar diatas untuk mengetahui nomor virtual account bpjs Anda.
20. Kemudian lakukan pembayaran melalui ATM, Teller di Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
21. Setelah melakukan pembayaran, anda bisa mencetak lembar e-ID dengan cara membuka kembali halaman Aktivasi ini kemudian meng-KLIK tombol Aktivasi kembali.
22. Tombol Cetak e-ID akan aktif bila anda telah melakukan pembayaran iuran.
Berikut Contoh E-ID Bpjs Kesehatan Anda:
Source from: www.bpjs-kesehatan.go.id
*image credit by User Manual Pendaftaran bpjs-kesehatan.go.id

Leave a Comment