Cara Mengganti Senar pada Gitar Akustik dengan Benar - Dibacaonline

August 23, 2020

Cara Mengganti Senar pada Gitar Akustik dengan Benar


Selain membersihkan bagian-bagian gitar, mengganti senar secara berkala juga menjadi salah satu cara merawat gitar agar dapat berfungsi dengan baik. Senar yang sudah usang dapat mengganggu suara gitar karena tidak dapat mempertahankan titik nadanya. Karena itu, penting untuk selalu mengganti senar gitar dari waktu ke waktu.



Belajar memasang senar gitar jauh lebih mudah daripada yang Anda kira, jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Alat yang Anda butuhkan adalah pemotong kawat, senar baru, dan penggulung kawat. Setelah semua siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengganti senar gitar berikut ini:


Langkah 1: Melepaskan senar lama

  • Pilih posisi yang paling nyaman untuk mengganti senar gitar. Melakukannya di meja akan sangat membantu, tetapi Anda juga bisa duduk di sofa sambil meletakkan leher gitar di lengan sofa.
  • Kendurkan senar bass: senar ke-6 (E rendah), ke-5 (A), dan ke-4 (D) dengan memutar kunci stem (tuner) berlawanan dengan arah jarum jam dengan tangan kiri sambil menahan ketegangan pada senar dengan tangan kanan.
  • Kendurkan senar trebel: ke-3 (G), ke-2 (B), dan ke-1 (E tinggi) dengan memutar kunci stem searah jarum jam.
  • Kendurkan setiap senar setidaknya 5 putaran atau lebih, sampai senar cukup longgar dan tidak bisa membuat nada, lalu lepaskan ikatan senar.
  • Setelah semua senar dikendurkan, gunakan ujung penggulung kawat untuk menjepit dan melepaskan pin penahan senar (bridge pin). Berikan sedikit tekanan untuk menarik bridge pin. Sekarang, perlahan-lahan angkat senar lama dari bridge dan singkirkan.


Langkah 2 (opsional): Membersihkan leher gitar

Setelah semua senar dilepas, Anda bisa sekalian membersihkan leher gitar (fretboard). Tutup lubang suara gitar dengan handuk dan bersihkan leher gitar dengan sabut. Anda dapat menggosok fretboard tanpa merusaknya, tetapi hati-hati, jangan sampai mengenai badan gitar.


Ini juga saat yang tepat untuk memberikan sedikit minyak pengkondisi fretboard jika terlihat kering. Anda bisa menggunakan minyak lemon atau yang lainnya dengan bantuan kain lap kering. Anda hanya perlu mengelap kayunya sampai bersih. Setelah itu, waktunya untuk memasang senar gitar yang baru.




Langkah 3: Memasang senar baru

Masukkan ujung senar bersama pin penahannya ke dalam lubang, dimulai dari senar 6E. Dorong bridge pin ke bawah dan tarik ujung senar ke atas hingga “mengunci”. Kemudian, tarik senar secara perlahan sambil tetap menekan pin kuat-kuat hingga senar kencang.


Meski mungkin terlihat sedikit tidak aman, jika dilakukan dengan benar, senar akanterpasang dengan kuat. Jika pinnya tampak keluar, terus dorong masuk dengan cukup kuat. Begitu terpasang dengan kencang, seharusnya tidak akan goyah.



Langkah 4: Memasang senar ke tuning post

Sekarang, kerjakan ujung senar yang satunya lagi. Pastikan senar berada di sisi leher gitar yang tepat. Masukkan ujung senar melalui lubang tuning post, tarik ke luar hingga senar memiliki kelebihan panjang. Kelebihan panjang yang Anda butuhkan akanberbeda-beda, tergantung pada ketebalan senar.


Senar keenam hanya membutuhkan sekitar 5-7 cm tetapi senar pertama membutuhkan 10 cm atau sekitar itu. Ini perlu dilakukan agar senar bisa melilit lubang tuning post dengan baik. Setelah terlilit dengan baik, kencangkan senar gitar dengan cara memutar kunci stem agar Anda tahu pemasangannya sudah benar.



Dengan satu tangan, pegang bagian senar yang akan Anda petik, sementara tangan lainnya memutar kunci stem. Pastikan senar cukup kencang untuk melilit di bawah senar yang kendur, seperti “mengunci”-nya.


Anda harus membuat setidaknya 3 lilitan pada senar keenam dan 5 lilitan untuk senar pertama. Lebih banyak akan lebih baik. jika kurang dari itu, senar mungkin bisa tergelincir. Usahakan senar tidak bertumpang tindih karena ini akan membuatnya lebih mudah putus.


Lakukan pada semua senar lainnya dan kencangkan. Biasanya, urutan pemasangan setelah senar ke-6 adalah ke-5, ke-4, ke-3, ke-2, dan ke-1.



Langkah 5: Menyetem

Langkah selanjutnya adalah menyetem senar ke nada yang benar. Anda mungkin perlu alat penala untuk melakukannya.



Langkah 6 – Pemotongan senar

Terakhir, Anda perlu memotong sisa senar yang tidak diperlukan agar tidak menjuntai dan mengganggu permainan Anda. Nah, sekarang Anda siap beraksi!


Rutinitas mengganti senar gitar ini bergantung pada kebiasaan Anda dalam memainkan alat musik itu. Mengganti senar sebulan sekali direkomendasikan untuk gitar yang dimainkan setiap hari. Tetapi, untuk gitar yang lebih jarang dimainkan, Anda bisa mengganti senarnya tiga bulan sekali.




Comments


EmoticonEmoticon